Pengertian Portofolio
Secara etimologi, portofolio berasal dari dua kata, yaitu port (singkatan dari
report) yang berarti laporan dan folio yang berarti penuh atau lengkap. Jadi
portofolio berarti laporan lengkap segala aktivitas seseorang yang dilakukannya.
Secara umum portofolio merupakan kumpulan dokumen seseorang , kelompok,
lembaga, organisasi, perusahaan atau sejenisnya yang bertujuan untuk
mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.
Menurut Gronlund (1998:159) portofolio mencakup berbagai contoh
pekerjaan siswa yang tergantung pada keluasan tujuan. Apa yang harus tersurat,
tergantung pada subjek dan tujuan penggunaan portofolio. Contoh pekerjaan
siswa ini memberikan dasar bagi pertimbangan kemajuan belajarnya dan dapat
dikomunikasikan kepada siswa, orang tua serta pihak lain yang tertarik
berkepentingan.
Portofolio dapat digunakan untuk mendokumentasikan perkembangan
siswa. Karena menyadari proses belajar sangat penting untuk keberhasilan hidup,
portofolio dapat digunakan oleh siswa untuk melihat kemajuan mereka sendiri
terutama dalam hal perkembangan, sikap keterampilan dan ekspresinya terhadap
sesuatu.
Contoh pekerjaan siswa ini memberikan dasar bagi pertimbangan bagi
kemajuan belajarnya dan dapat dikomunikasikan dengan siswa, orang tua serta
pihak lain yang berkepentingan. Sehingga portofolio dapat digunakan untuk
mendokumentasikan perkembangan siswa dalam setiap kegiatan dan proses
pembelajaran. Secara umum, dalam dunia pendidikan portofolio merupakan
kumpulan hasil karya siswa atau catatan mengenai siswa yang didokumentasikan
secara baik dan teratur. Portofolio dapat berbentuk tugas-tugas yang dikerjakan
siswa, jawaban siswa atas pertanyaan guru, catatan hasil observasi guru, catatan
hasil wawancara guru dengan siswa, laporan kegiatan siswa dan karangan atau
jurnal yang dibuat siswa.
Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang siswa, sebagai hasil
pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh siswa bersama
guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai
kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum.
Portofolio dalam arti ini, dapat digunakan sebagai instrumen penilaian atau
salah satu komponen dari instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi siswa,
atau menilai hasil belajar siswa. Portofolio demikian disebut juga ‘portofolio
untuk penilaian’ atau ‘portofolio penilaian’. Penilaian portofolio merupakan satu
metode penilaian berkesinambungan, dengan mengumpulkan informasi atau data
secara sistematik atas hasil pekerjaan seseorang (Pomham, 198). Aspek yang
diukur dalam penilaian portofolio adalah tiga domain perkembangan psikologi
anak yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
Budimansyah, Dasim (2002) menjelaskan tentang pengertian portofolio
sebagai berikut. “Portofolio sebenarnya dapat diartikan sebagai suatu wujud
benda fisik, sebagai suatu proses sosial pedagogis, maupun sebagai adjective”.
Sebagai suatu wujud benda fisik portofolio itu adalah bundel, yakni kumpulan
atau dokumentasi hasil pekerjaan peserta didik yang disimpan pada suatu bundel.
Misalnya, hasil tes awal (pre-test), tugas-tugas, catatan anekdot, piagam
penghargaan, keterangan melaksanakan tugas terstruktur, hasil tes akhir (posttest), dan sebagainya. Sebagai suatu proses pedagogis, portofolio adalah
collection of larning experience yang terdapat di dalam pikiran peserta didik baik
yang berwujud pengetahuan (kognitif), keterampilan (skill), maupun nilai dan
sikap (afektif). Adapun sebagai suatu adjective portofolio sering kali
disandingkan dengan konsep lain, misalnya dengan konsep pembelajaran dan
penilaian. Jika disandingkan dengan konsep pembelajaran maka dikenal istilah
pembelajaran berbasis portofolio (portofolio based learning), sedangkan jika
disandingkan dengan konsep penilaian, maka dikenal istilah penilaian berbasis
portofolio (portofolio based assessment).
Portofolio biasanya merupakan karya terpilih dari seorang siswa. Tetapi
dapat juga berupa karya terpilih dari satu kelas secara keseluruhan yang bekerja
secara kooperatif membuat kebijakan untuk memecahkan masalah. Istilah “karya
terpilih” merupakan kata kunci dari portofolio. Maknanya adalah bahwa yang
harus menjadi akumulasi dari segala sesuatu yang ditemukan para siswa dari
topik mereka harus memuat bahan-bahan yang menggambarkan usaha terbaik
siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan kepadanya, serta mencakup
pertimbangan terbaiknya tentang bahan-bahan mana yang paling penting.Oleh
karena itu portofolio bukanlah kumpulan bahan-bahan yang asal comot dari sanasini, tidak ada relevansinya satu sama lain, ataupun bahan yang tidak
memperlihatkan signifikansi sama sekali.
Menurut Budimansyah, Dasim (2002), model penilaian berbasis portofolio
mengacu pada sejumlah prinsip dasar penilaian. Prinsip-prinsip dasar penilaian
dimaksud adalah penilaian proses dan hasil, penilaian berkala dan bersinambung,
penilaian yang adil, dan penilaian implikasi sosial belajar. Sedangkan indikator
penilaian portofolio, yaitu tes formatif dan sumatif, tugas-tugas terstruktur, catatan
perilaku harian, laporan aktivitas di luar sekolah.
We offer the best Global Financial Service provided to the general public with the maximum satisfaction and without risks. Do not lose this chance. Join the most trusted financial institution and secure legitimate financial empowerment to add meaning to your life / business.
ReplyDeleteContact the firm of Dr. Mark Thomas through
Email: ronniefinancehome247@gmail.com
Whatsapp +91 93118 56893
Dr. Mark Thomas
Executive Investment
Consultant / Mediator / Facilitator
Sincerely,