CONTOH STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR ( SOP ) BAGI TK/PAUD
STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR ( SOP )
PENATAAN
LINGKUNGAN MAIN
NAMA
LEMBAGA
|
TK..........................
|
KODE
DOKUMEN
|
SOP
/001
|
UNIT
PROGRAM
|
TK
DAN TPA
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL
DISAHKAN
|
...........................20...
|
TGL
REVISI:
|
|
Tujuan
|
·
Menyiapkan tempat
anak untuk bermain
·
Menumbuhkan minat
bermain anak dan memberikan pengalaman main dgn alat yg disediakan.
·
Mengembangkan sikap
,pengetahuan,dan keterampilan sesuai dengan RPPH.
|
||
Dasar hukum/
Refrensi
|
1.
Permen diknas no 146
tahun 2014
2.
Visi misi dan tujuan
Lembaga
|
||
Pihak terkait
|
·
Guru Sentra dan siswa
|
||
Dokimen
|
1.
RPPH
2.
Densitas dan
intensitas main
3.
Media
|
||
Prosedur kerja
|
Ø 30 menit
sebelum anak datang ,pendidik sudah menyiapkan alat main yang akan digunakan .
Ø Lingkungan
belajar yang akan digunakan didalam ruang ( indoor ) dan luar ruangan (aotdoor) harus bersih
aman,nyaman, dan menyenangkan.
Ø RPPH yang sudah
dibuat harus sebagai acuan untuk penataan alat main.
Ø Penataan alat
main harus mewakili 4 jenis main yaitu: main sensori motor,main
pembangunan,main peran dan main keaksaraan untuk memberikan pengalaman main
yang beragam serta harus mendukung perkembangan bahasa,kognitif,sosial
emosional.
Ø Pengaturan alat
main harus sesuai tepat sehingga anak bisa memusatkan perhatian pada kegiatan
yang dilakukan
Ø Pastikan alat
main ditata diarea yang aman, nyaman.
Ø Alat main
mendukung kretifitas anak ( dapat digunakan dengan bermacam cara )
Ø Alat main harus
dalam kondisi baik,lengkap dan tidak membahayakan
Ø Alat main
,bahan main serta buku datata pada tempat yang mudah dijangkau anak.
Ø Disiapkan
celmek Yng tidk tembus air.
Ø Saat beres
beres harus disediakan tempat/wadah untuk menyimpan mainan sesuai bdengan
katagorinya.
|
SETANDAR
OPRASIONAL PROSEDUR ( SOP )
PENYAMBUTAN
KEDATANGAN ANAK TK .......................................................
NAMA
LEMBAGA
|
TK.........................
|
KODE
DOKUMEN
|
SOP
/002
|
UNIT
PROGRAM
|
TK
DAN TPA
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL
DISAHKAN
|
.............................2017
|
TGL
REVISI:
|
|
Tujuan
|
·
Membangun kemampuan
komunikasi ( 3.11)
·
Membiasakan berkata
dan bersikap sopan ( 2.14)
|
||
Dasar hukum
|
1.
Permen diknas no 146
tahun 2014
2.
Visi misi dan tujuan
Lembaga
|
||
Pihak terkait
|
·
Guru piket ,Kepala TK,Pengantar anak dan anak
|
||
Dokumen
|
1.
Absensi guru
2.
Absensi anak
3.
Jadwal piket
4.
Catatan
5.
perkembangan anak
|
||
Prosedur kerja
|
Ø 10 menit
sebelum anak datang, guru piket sudah siap berdiri didepan pintu.
Ø Guru piket menyambut
anak dengan senyuman ramah
Ø Guru piket menyapa
anak dengan mengucap salam sambil menanyakan kabar dan perasaan anak serta
memberikan supot awal pada hari itu
dgn posisi tubuh sejajar dengan anak.
Ø Guru piket menanyakan kepada orang tua mengenai
keadaan pisik anak .
Ø Bila anak tidak
diantar,guru piket secara langsung mengecek keadaan anak.
Ø Catatseluruh
impormasi mengenai kondisi anak dan segera ambil tindakan sesuai prosedur.
Ø Guru piket
mempersilah kan anak untukmemilih ruang kelas yang ditempati lalu meletakkan tasnya di loker dan sepatu nya dirak
sepatu.
|
SETANDAR
OPRASIONAL PROSEDUR ( SOP )
KEGIATAN
MAKAN DI TK ................................. DAN TPA ....................................
NAMA
LEMBAGA
|
TK.......................................
|
KODE
DOKUMEN
|
SOP
/002
|
UNIT
PROGRAM
|
TK
DAN TPA
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL
DISAHKAN
|
..............................2017
|
TGL
REVISI:
|
|
Tujuan
|
·
Terbiasa untuk mencuci tangan ( 2.1)
·
Anak
dapat mengenal Mengenal berbagai jenis makanan dan kegunaannya bagi tubuh ( 2.1 )
·
Anak dapat
Megenalan matematika (berhitung
konsep satu ke satu,bentuk warna rasa
dll (3.6 )
·
Terbiasa bersyukur pada Alloh Swt ( doa ) ( 1.2)
·
Terbiasa untuk berbagi (2.9 )
·
Terbiasa untuk tertib (2.6 )
·
Terbiasa untuk bertanggung jawab dengan makanan.( 2.1
)
·
Terbiasa anak untuk bersih lingkungan( 2.1)
(
2.6)
·
Terbiasa anak untuk bertanggung jawab terhadap alat
makan (2.12 )
·
|
||
Dasar hukum
|
1.
Permen diknas no 146
tahun 2014
2.
Visi misi dan tujuan
Lembaga
|
||
Pihak terkait
|
·
Guru sentra.
|
||
Dokumen
|
-
Catatan perkembangan
anak
|
||
Prosedur kerja
|
Ø Pastikan semua
anak sudah mencuci tangan dengan bersih dan benar.
Ø Pastikan semua
anak sudah ada dalam ruang sentra
Ø Anak menghitung
jumlah temannya dalam sentra dan pastikan alat makan yang diperlukan
Ø Mengetahui
|
SETANDAR
OPRASIONAL PROSEDUR ( SOP )
KEGIATAN
CUCI TANGAN DI TK ........................................................
NAMA
LEMBAGA
|
TK.........................
|
KODE
DOKUMEN
|
SOP
/002
|
UNIT
PROGRAM
|
TK
DAN TPA
|
STANDAR
|
PROSES
|
TGL
DISAHKAN
|
.......................2017
|
TGL
REVISI:
|
|
Tujuan
|
·
Membiasakan untuk
mencuci tangan ( 2.1)
·
Membiasakan anak
untuk tertib ( 2.6 )
·
Membiasakan untuk
bertanggung jawabdengan kebersihan diri ( 2.1 )
·
Membiasakan untuk
bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh ( 2.12)
|
||
Dasar hukum
|
1.
Permen diknas no 146
tahun 2014
2.
Visi misi dan tujuan
Lembaga
|
||
Pihak terkait
|
·
Guru sentra,
|
||
Dokumen
|
-
Catatan perkembangan
anak
|
||
Prosedur kerja
|
Ø Mengambil tas botol air minum di rak tas
Ø Membuat barisan dalam kelompok
Ø Bernyanyi lagu
CCT sambil bertepuk
Ø Mencuci Tangan
dengan baris dan antri
Ø Duduk dimeja
makan yang sudah disiapkan
Ø Meletakkan
tas danbotol air minum di depan
masing-masing
Ø Berdoa sebelum
makan dan minum
Ø Mengambil senek
dari tempat jajann yang disiapkan
Ø Mengecek
Makanan dan minuman terhadap lebel Halal & masa kedaluarsa.
Ø Makan & minum dengan duduk, pakai tangan kanan, tidak berkecap keras.
Ø Berdoa setelah makan & minum.
Ø Mengembalikan tas dan botol air minum,serta
membereskan sampah dan membuang ke
tempatnya.
Ø Mencuci tangan
dengan sabun
|
0 Response to "CONTOH STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR ( SOP ) BAGI TK/PAUD"
Post a Comment